Dakwah

"Ketika kita memberikan sesuatu tanpa syarat, sesuatu yang sangat berharga akan kembali pada kita"

-Kutipan kalimat seseorang yang menarik perhatianku.

Mengapa menarik perhatianku?
Karena, ketika membaca kalimat itu, satu kata yang terlintas dalam benakku adalah "dakwah".

Mungkin banyak diantara kita yang menyepelekan dakwah. Padahal, dakwah merupakan salah satu ciri yang hakiki bagi siapa saja yang mengaku mengikuti Nabi Saw.
 Ingatlah firman Allah Swt,“Katakanlah, ‘Inilah jalan (agama)ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha suci Allah, dan aku tiada Termasuk orang-orang yang musyrik” (QS. Yusuf : 108).

Jadi, sudah sepatutnya kita berdakwah. Dimanapun, kapanpun, kepada siapapun, dengan cara yang baik, dan tanpa syarat apapun. InshaAllah, sesuatu yang berharga akan kembali pada kita.

Karena orang-orang yang berdakwah kepada Allah, mereka adalah golongan yang memperoleh kemenangan dan keberuntungan dihari ketika manusia berkumpul dalam keadaan ada yang bahagia dan ada yang sedih. Ingatlah firman Allah Swt, “Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.” (QS. Al Ashr :1-3).

Dan ketahuilah, bahwa salah satu amalan yang tidak akan putus pahalanya dan memberi manfaat hingga hari kiamat kelak adalah "ilmu yang bermanfaat". Ilmu yang kita sebarkan untuk menyeru kepada Allah. 
Jika manusia mati terputuslah darinya amalnya kecuali tiga hal : shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat, dan anak shalih yang mendoakannya” (HR. Muslim). 

"Ketika kita berdakwah tanpa syarat. Sesuatu yang berharga akan kembali pada kita"

Semoga bermanfaat~