Sakitmu adalah Cinta

Menurut KBBI, arti dari kata 'sakit' itu adalah rasa tidak nyaman di dalam tubuh atau bagian tubuh karena menderita sesuatu (demam, sakit perut dan sebagainya).

Pernahkah kamu merasa sakit?
Aku yakin, selayaknya manusia biasa kita pasti pernah merasakan sakit.
Tahukah kamu ? sakitmu adalah cinta... ya, cinta.
Karena sesungguhnya, ketika Allah Swt menakdirkan kita rasa sakit, pasti ada hikmah dibalik itu semua. Jadi tidak sepatutnya kita mengeluh, menggerutu, apalagi sampai su'udzon sama Allah Swt. Na'udzu billah...

Rasulullah Saw, pernah bersabda : "Sesungguhnya besarnya pahala (balasan) sangat ditentukan oleh besarnya cobaan. Dan jika sekiranya Allah mencintai suatu kaum, maka Dia akan menguji dan memberikan cobaan kepada mereka".
(HR. Tirmidzi dan Baihaqi)

Jangan kita berpikir, ketika Allah menguji kita atau memberikan cobaan kepada kita, karena Allah Swt membenci kita, tidak sayang sama kita. STOP, berpikir jelek kaya gitu. Justru, Allah Swt sesungguhnya mencintai kita. Ingatlah sabda Rasulullah Saw : "Setiap muslim yang terkena musibah penyakit atau yang lainnya, pasti akan Allah hapuskan berbagai kesalahannya, seperti sebuah pohon meruntuhkan daun-daunnya." (HR. Muslim)

Betapa besar rasa cinta yang Allah berikan kepada hambanya, kepada kita. Cinta dari Sang Ilahi agar hambaNya tidak mendapatkan azab di akhirat, maka Dia membersihkan segala noda dan dosanya di dunia. Ma syaa Allah...

Selain itu, Imam Ibn Qayyim al-Jawziyyah berpendapat bahwa sakit, khususnya demam sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Karena, menurutnya orang yang sakit demam akan meninggalkan makanan yang buruk dan kemudian beralih kepada makanan yang baik-baik. Ia pun akan mengkonsumsi obat-obatan yang bermanfaat bagi tubuh. Hal ini tentu akan membantu proses pembersihan tubuh dari segala macam kotoran dan kelebihan yang tidak berguna. Sehingga prosesnya mirip seperti api terhadap besi yang berfungsi menghilangkan karat dari inti besi.

Lalu, bagaimana kita menyikapi rasa sakit ini?
Bersabarlah dan ridha terhadap sakit yang menimpa kita.
Seperti firman Allah Swt, dalam QS. Az-Zumar ayat 10, yang artinya "Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas"

Semoga bermanfaat,-